Selamat Datang di Blog PNPM Mandiri Pedesaan Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh

Jumat, 23 Agustus 2013

Jalan Mulus Dapat Fulus



Selama bertahun-tahun masyarakat di Desa Badegong Kecamatan Teupah Selatan KabupatenSimeulue, mempunyai permasalahan jalan menuju kekebun, ibu kota kecamatan dan desa tetangga yang sempit, becek dan banyak kubangan air karena daerah tersebut merupakan daerah rawa-rawa.Setiap musim hujan tiba jalan tersebut tidak bias dilewati karena tergenang air akibat dari tidak adanya saluran drainase.   Hal tersebut menyebabkan terganggunya aktivitas warga desa, mobil-mobil pengankut hasil kebun warga kesulitan untuk melintas, anak-anak sekolah kesulitan menuju kesekolah mereka yang letaknya didesa tetangga.Kondisi ini menyebab kan perekonomian warga desa tidak bias berkembang dan proses belajar mengajar disekolah juga terganggu.



Kondisi jalan sebelum dibangun
 
Setelah melalui proses panjang alhamdulilah pada tahun 2012, usulan Pembuatan Jalan Desa Badegong sepanjang 2500 meter terdanai oleh PNPM-MPd tahun anggaran 2012 dengan jumlah bantuan sebesar Rp. 292.755.000,- dengan rincian dana fisikRp. 278.117.000, untuk operasional TPK Rp.8.783.000 operasional UPK Rp.5.855.000

Karena kondisi medan yang akan dibuat jalan berupa rawa dan sangat sulit dikerjakan dengan tenaga manusia maka pada saat musyawarah desa pra pelaksanaan yang dihadiri oleh seluruh masyarakat desa disepakati pembuatan jalan tersebut menggunakan bantuan alat berat seperti excavator, sedangkan pembuatan gorong-gorong dan finishing tetap melibatkan masyarakat desa.


Peralataan dan pemadatan badan jalan menggunakan motorgrader dan tandem
 
Pada akhir pelaksanaan pembangunan dilakukan serah terima pekerjaan dari Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) kepada masyarakat desa Badegong melalui acara Musyawarah Desa SerahTerima (MDST). Acara tersebut dihadiri seluruh masyarakat desa, dalam acara tersebut TPK membacakan laporan pertanggung jawaban penggunaan dana dari awal sampai akhir kegiatan.

Jalan telah selesai pengerjaannya dan dimanfaatkan oleh masyarakat

Pascapembangunan jalan tersebut masyarakat menjadi bersemangat untuk berkebun lagi, banyak warga yang membuka areal perkebunanbaru, mereka merasakan banyak kemudahan untuk mengangkuthasilpanen, karena jalur tersebut merupakan akses utama menuju keibu kota kecamatan.Hargajual tanah di sekitar jalan menjadi meningkat, banyakwarga yang membuka areal perumahan disepanjang jalan, distribusi barang-barang kebutuhan pokok warga desa semakin lancer dan proses belajar mengajar disekolah menja dilancar kembali.
 
Kesimpulannya, dengan dibangunnya Jalan yang didanai oleh PNPM-MPd tersebut perekonomian warga di desa Badegong meningkat, aktifitas sehari-hari warga masyarakat menjadilancar.

Oleh :
MIFTAHUL FAUZI PURBANTERA, ST
Fasilitator Teknik Kecamatan
Kecamatan Teupah Selatan
Kabupaten Simeulue
ACEH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar