Selamat Datang di Blog PNPM Mandiri Pedesaan Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh

Rabu, 22 Januari 2014

BPM Aceh Gelar Lomba TTG Berhadiah Rp 112 Juta

Laporan : Yarmen Dinamika | Banda Aceh SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - 

Sebagaimana tahun-tahun lalu, tahun ini Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh kembali menggelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Se-Aceh, berhadiah total Rp 112,5 juta. Juara I-III maupun harapan I-II akan diikutkan pada Gelar TTG Nasional XVI pada Juni 2014 di Kalimantan Timur. 

Kepala BPM Aceh, Drs Zulkifli Hs MM kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Selasa (21/1/2014) menyatakan, lomba ini terbuka bagi siapa pun yang berdomisili di Aceh, baik dari masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, guru, akademisi (sekolah atau perguruan tinggi), instansi pemerintah (BPM kabupaten/kota, BLK, BPTP, dan sebagainya), maupun swasta. 

Zulkifli menyebutkan, TTG adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup. 

Lomba kali ini mengusung tema Inovasi Tepat Guna untuk Kemandirian Aceh. Tujuannya untuk menunjang pengembangan wilayah melalui penemuan TTG berbasis potensi daerah menuju keunggulan kompetitif, di samping memasyarakatkan teknologi dan metode untuk menumbuhkan budaya kewirausahaan. 

Target dari lomba ini, menurut Zulkifli, adalah terhimpunnya jenis-jenis TTG dan metode baru hasil inovasi masyarakat, dunia usaha, sekolahperguruan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah dan swasta. 

Pendaftaran

Pendaftaran dibuka sejak hari ini hingga 11 Maret 2014 pukul 16.00 WIB pada setiap hari dan jam kerja dengan mengirim atau dapat diantar langsung dokumen usulan TTG yang akan diperlombakan kepada Panitia Lomba Inovasi TTG Se-Aceh V BPM Aceh Tahun 2014 c/q Bidang Pengembangan Teknologi Perdesaan (PTP) di Jalan Tgk Syekh Mudawali Nomor E-19 Banda Aceh (23242) Banda Aceh. 

Penetapan dan pengumuman pemenang dilaksanakan pada 27 Maret 2014. 

Tahun ini, yang akan diperlombakan tidak hanya terbatas alat/mesin TTG, tetapi juga pada metode. TTG atau metode yang diusulkan untuk diperlombakan haruslah yang dapat dimanfaatkan untuk aktivitas subsektor pertanian, agroindustri, industri kecil, dan sektor lainnya. (dik) 

Hadiah dan Penghargaan 
* 12 Finalis mendapatkan plakat dan sertifikat
* 6 Finalis yang menang mendapatkan piala tetap dan uang 
* Juara I Rp 10.000.000 
* Juara II Rp 9.000.000 
* Juara III Rp 8.000.000 
* Harapan I Rp 7.000.000 
* Harapan II Rp 6.000.000 
* Harapan III Rp 5.000.000 
* Juara I-III dan juara harapan I-II diikutkan pada Gelar TTG Nasional XVI di Kalimantan Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar