Selamat Datang di Blog PNPM Mandiri Pedesaan Kabupaten Simeulue Provinsi Aceh

Selasa, 24 Juni 2014

Jembatan Impian Masyarakat...




Selama bertahun-tahun masyarakat di Desa Luan Balu Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Simeulue, memiliki permasalahan menuju laut dan kebun mereka yang berada di dusun sebelah, dikarenakan jembatan yang sudah ada dahulu runtuh akibat gempa.Akibat dari kondisi tersebut masyarakat, sepeda,maupun sepeda motor tidak dapat melewatinya, mereka harus berjalan memutar lewat jalan raya dan itu lebih jauh jarak tempuhnya. Padahal jalan – jalan disekitar jembatan itu sudah bagus dan dapat dilalui kendaraan roda dua,tetapi dikarenakan jembatan tidak berfungsi maka jalan tersebut jarang dilalui masyarakat, sehingga terlihat seperti hutan. Apalagi mengingat sebagian besar pekerjaan masyarakat Desa Luan Balu adalah nelayan, sehingga mereka sangat membutuhkan jembatan ini.



Setelah melalui proses panjang akhirnyapada tahun 2013, usulan Pembuatan Jembatan Desa Luan Balu yang terdanai oleh BKPG tahun anggaran 2013 dengan jumlah total bantuan dana sebesar Rp. 70.000.000,- dengan rincian dana fisik Rp. 20.500.000,- dan untuk operasional TP-BKPG sebesar Rp. 2.500.000,-
   


Dikarenakan bentang sungai yang cukup panjang maka tiang penyangga yang dipasang terbuat dari beton, agar mampu menahan beban pengguna jembatan tersebut. Dan dengan kerjasama yang baik antara TP-BKPG dengan masyarakat yang dalam hal ini merupakan tenaga kerja yang mengerjakan kegiatan tersebut maka jembatan pun selesai dikerjakan dalam waktu kurang lebih 90 hari, dimana waktu yang cukup lama itu disebabkan ketersediaan kayu yang cukup lama,karena menggunakan kayu tipe A yaitu kayu rasak yang harus melalui proses pemesanan terlebih dahulu. Maka terbangun lah jembatan dengan berukuran 16 x 2,5 meter.


Pada akhir pelaksanaan pembangunan dilakukan serah terima pekerjaan dari TP-BKPG kepada masyarakat Desa Luan Balu melalui acara Musyawarah Desa Serah Terima (MDST). Acara tersebut di hadiri seluruh masyarakat desa, perangkat desa dan Camat beserta staf dari Kecamatan. Dalam acara tersebut TP-BKPG membacakan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana dari awal sampai akhir kegiatan.
 
masyarakat sudah tidak jauh lagi menempuh dusun seberang
Pasca pembangunan Jembatan tersebut masyarakat jadi dapat berjalan ke dusun sebelah tanpa harus melalui jalan raya yang pastinya lebih jauh jaraknya. Bahkan sepeda motor pun lewat dari jembatan tersebut. Dan lingkungan sekitarnya ramai kembali.


Kesimpulannya,dengan dibangunnya jembatan ini, maka semakin mudah dan dekat lah akses masyarakat menuju laut dan menuju dusun sebelah. Dan diharapkan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Luan Balu.Sampai bertemu lagi di Desa Luan Balu dengan kegiatan yang lainnya.

TERIMA KASIH PNPM-MP
 
Deskripsi Oleh:
Nora Berliana Marpaung, A.Md
Fas.Kec. Teknik Kecamatan Teluk Dalam PNPM Mandiri Perdesaan 
Kab. Simeulue, Provinsi Aceh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar